DESA SURUH SUKSES GELAR PAWAI MINIATUR TRUCK SOUND SYSTEM 2022

  • Aug 15, 2022
  • Tri Sumitro
  • informasi

Pawai Miniatur Truck Sound System merupakan salah satu agenda acara dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-77 di Desa Suruh tahun 2022.

Pawai miniatur  yang terselenggara tersebut di ikuti oleh berbagai macam peserta dari Kecamatan Suruh dan luar Kecamatan Suruh bahkan ada beberapa  beberapa yang dari luar kota Trenggalek. Sebanyak 40  Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya adalah PMT (Paguyuban Miniatur Trenggalek),PMT Tulungagung serta dari Kecamatan Suruh sendiri yaitu Desa Suruh, Desa Gamping,Desa Puru,sebanyak 12 miniatur. Dari Kecamatan Gandusari terdiri dari Desa Gandusari,Wonorejo sebanyak 26 miniatur, sedangkan dari Tulungagung ada 2 miniatur.

Route yang ditempuh dalam pawai  miniatur ini adalah sepanjang jalan raya yang melintas di tengah desa Suruh Kecamatan Suruh yang merupakan jalan sirip JLS Trenggalek Panggul KM 12 . Start dari Timur Kantor Kecamatan Suruh atau SURINAME ( suruh indah menawan) yaitu area tempat yang rencananya nanti akan dibuat sebuah tempat  lapak semi permanen milik Desa suruh yang akan dikembangkan sebagai tempat wisata Kuliner. Melaju perlahan di jalan raya hingga Finish di Lapangan Desa Suruh berada di belakang kantor dan balai desa Suruh.

Menurut Nurzamzah, Pawai miniatur ini diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT RI ke -77 tingkat Desa Suruh “ Tujuannya ya menghibur masyarakat  karena baru pertama kali ada di Desa Suruh bahkan di Kecamatan Suruh, Mengapa miniatur Truck Sound System? Ya karena miniatur menjadikan benda pengganti yang memiliki keindahan kecantikan,estetika, kerumitan, dan detail yang bagus sehingga memiliki harga jual yang tinggi terutama bagi para penggemarnya. Selain itu Pawai miniatur ini merupakan hal yang baru dan sedang booming dengan ditandai terbentuknya komunitas dimana mana seluruh Indonesia dan  ternyata masyarakat Desa Suruh maupun luar desa Suruh sangat antusias sekali” Ungkap pria yang selaku SEKDES dan Ketua Pelaksana  tersebut.

Disamping pelaksanaan pawai miniatur ini juga dilaksanakan penggalangan dana bakti sosial dengan teknik personil karang taruna yang tergabung dalam panitia PHBN Desa Suruh membawa kotak kerdus sepanjang route/ perjalanan pawai. Penggalangan dana bakti sosial tersebut memperoleh uang sebesar Rp. 3.600.000.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Suruh, Ketua BPD Desa Suruh,dari Unsur POLSEK Kec. Suruh,dan dari POSRAMIL Kec. Suruh. Pawai diberangkatkan secara resmi oleh Kepala Desa Suruh Bapak Gunawan di area PUJASERA SURINAME.  Sebanyak 40 peserta mengikuti upacara pemberangkatan dengan antusias para peserta,penonton dan para pedangang kaki lima yang ikut mengambil manfaat dalan keramaian kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan Pada (14/08/2022) dimulai pukul 19.30 dari garis start hingga Pk.22.00 WIB  dan diakhiri dengan Undian Doprice. Sesampainya digaris finish yaitu di lokasi Lapangan desa Suruh para peserta atraksi unjuk kepawaian yang dimiliki masing-masing.

Adapun yang mendapat doorprice saat itu yakni :

1.Dari Gandusari dan suruh 10 ekor bebek.

2.Gandusari,Tulungagung,Suruh 10 sembako.

3.Tulungagung,Suruh, Gandusari 10 Sembako.

4.Gandusari,Kampak 2 buah Payung.

5.Suruh,Gandusari 2 buah Sembako beras.

6..Suruh, Gandusari 3 ayam Bangkok.

7.Suruh 1 Ekor kambing.