MALAM TIRAKATAN 17 AGUSTUS 2022 DI DESA SURUH, BEGINI ACARANYA

  • Aug 19, 2022
  • Tri Sumitro
  • informasi

Malam tirakatan adalah acara berdoa bersama untuk mengucapkan rasa syukur. Tradisi malam tirakatan ini sebagai ungkapan sukur  menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus.

Acara malam tirakatan ini diselenggarakan oleh Panitia peringatan HUT 77 RI Desa suruh tahun 2022.  PHBN Desa suruh terbentuk dengan melibatkan semua unsur Pemerintah Desa,BPD dan unsur  Kelembagaan Desa yang ada yakni : LPM,Karang taruna,PKK,Linmas,Pokdarwis,FKUI (forum komunikasi umat Islm) Desa suruh,  Komunitas Informasi Masyarakat(KIM) Desa suruh dibawah naungan Kominfo Kab.Trenggalek (Pijar) dan tokoh masyarakat yang ada di Desa Suruh. Pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh ketua PPHBN Desa Suruh sdr.NURZAMZAH.

Oleh karena itu yang hadir pada malam itu segenap pengurus semua kelembagaan Desa tersebut sebanyak kurang lebih 90 orang bapak bapak dan ibu ibu.

Malam tirakatan dilaksanakan bertempat di balai Desa suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek.

Tepatnya tanggal 16 Agustus 2022 Waktu Pukul 20.00 Wib acara dimulai.

Dilaksanakan tasyakuran ini  terkait dengan rasa sukur kehadirat Alloh swt. Bahwa  secara sah secara hokum Konstitusi maupun hukum agama Kemerdekaan RI adalah rohmat Alloh swt.dan atas berkat rohmat Alloh inilah Indonesia mendapatkan kemerdekaan. Atas kasih saying Alloh (rohmat Alloh ) inilah perjuangan para pahlawan  dengan alat perang yang sangat minim bisa berhasil,lantaran perjuangan yang gigih baik di medan perang,perundingan perundingan dan akhirnya PBB mengakui berdirinya Indonesa. Dan dengan kejujuran , Amanah para pemimpin dan  seluruh warga  Negara rohmat itu akan bertahan tidak dicabut oleh Alloh swt.

Tepat Pukul 20.00 Acara dimulai dipandu oleh Sdr.Arsi perangkat Desa dengan susunan acara :

1.Pembukaan

2.Sambutan Kepala Desa Suruh  Bapak Gunawan.

Dalam sambutannya Kepala Desa Suruh sangat mengapresiasi menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua warga Desa Suruh yangdengan kompak,antusias untuk ikut serta dan berperan dalam semua agenda acara dalam rangka HUT RI ini. Para Pahlawan sudah berjuang dengan jiwa dan raga kita sudah sepatutnya untuk mengisi kemerdekaan ini.

3.Pelaksanaan Dzikrulloh secara Bersama dipimpin oleh H.SUGINI dengan melafatka Kalimah dzikrulloh puji,dzikir,tahlil sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT.

4.Do’a Dipimpin oleh Bp.H.SUMEDI.

5.Doa Penutup dipimpin oleh Bp.Drs.CATUR WINARNO MM.

6.Penutup. oleh Protokol.

7.Acara ramah tamah makan Bersama.